SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN

Mengingat pentingnya pengelolaan data pegawai tersebut, maka peningkatan kualitas pengelolaan kepegawaian melalui implementasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian merupakan salah satu prioritas dalam tahapan pengembangan e-government.

KEUNTUNGAN

Maksud dan tujuan sistem ini dengan mengacu pada tata urut administratif bidang kepegawaian yang secara dinamis ditujukan untuk :

  • Mendapatkan solusi terpadu dalam lingkup tata kerja kepegawaian di lingkungan instansi atau suatu departemen.
  • Menerapkan perluasan sarana kerja berbasis teknologi tinggi yang mudah namun efektif dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan, secara internal maupun eksternal.
  • Mencapai kualitas hasil kerja dan pelayanan yang memadai.
  • Menuju pada tersosialisasinya budaya tertib dan budaya teknologi, secara gradual dan sistematik di lingkungan internal dalam mewujudkan tata kerja yang tertib, efisien dan mencerminkan semangat keterbukaan.

Beberapa manfaat dalam pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian adalah sebagai berikut :

  • Memberikan informasi yang cepat, tepat dan akurat mengenai kepegawaian.
  • Membantu menganalisis personal yang pantas untuk duduk pada suatu posisi tertentu di organisasi.
  • Memberikan sistem kesejahteraan yang optimal, sesuai prestasi yang dicapai.
  • Pengelolaan data yang lebih muda

FITUR

Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian ( SIMPEG ) yang ditawarkan memiliki fitur-fitur kemampuan sistem, diantaranya :
Mampu mencatat data individu yang meliputi :

* Biodata
* Riwayat Pendidikan Formal dan Non Formal
* Riwayat Pelatihan Kepegawaian
* Riwayat kepangkatan dan jabatan
* Daftar Penilaian dan Pelaksanaan Pekerjaan (DP3)
* Riwayat Keluarga
* Riwayat Penghargaan / Tanda Jasa
* Riwayat Pengalaman
* Riwayat Organisasi
* Riwayat Cuti
* Riwayat Gaji

Mampu menghasilkan berbagai keluaran, antara lain:

* Daftar Urut Kepangkatan
* Daftar Susunan Kepangkatan
* Daftar Kekuatan Kepegawaian
* Daftar Kenaikan Pangkat Struktural
* Daftar Kenaikan Gaji Berkala
* Rencana Kenaikan Pangkat
* Pendidikan yang telah diikuti
* Historis Karir
* Laporan Statistik Pegawai
* Surat Keputusan

  • Memiliki sistem security yang handal, yang dapat memberikan akses secara luwes namun aman.
  • Mampu mendayagunakan database populer yang tersedia di pasaran (SQL Server, Oracle, MySQL, dll).
  • Mudah digunakan (user friendly).
  • Menerapkan sistem multi-user.
  • Luwes dalam penerapan kebutuhan topologi jaringan.
  • Dapat diintegrasikan dengan Sistem Informasi Penggajian ( Payroll System ) maupun Sistem Absensi Sidik Jari.

Sumber :

http://www.pilarsolusi.com

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN Mengingat pentingnya pengelolaan data

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s